1.4 Sistem informasi akuntansi
Pengertian SIA
Sistem
Informasi Akuntansi adalah kumpula manusia dan sumber-sumber modal di dalam
suatu organisasi, yang bertanggung jawab untuk penyajian informasi dan juga
informasi yang diperoleh dari pengumpulan dan pengolahan data transaksi yang
berguna untuk semua tingkat manajemen untuk perencanaan dan pengendalian
aktivitas organisasi.
Didalam Akuntansi Manajemen terdapat dua komponen yang digunakan bagi perencanaan dan pengendalian perusahaan, yaitu :
Sistem Akuntansi Biaya Digunakan untuk membantu manajemen dalam perencanaan dan pengawasan dari aktivitas pengadaan, proses distribusi dan penjualan
Budgeting adalah proyeksi keuangan perusahaan untuk masa depan yang bermanfaat untuk menolong manajer dalam perencanaan dan pengawasan
B. Karakteristik Sistem Informasi Akutansi
Karakteristik SIA yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
Didalam Akuntansi Manajemen terdapat dua komponen yang digunakan bagi perencanaan dan pengendalian perusahaan, yaitu :
Sistem Akuntansi Biaya Digunakan untuk membantu manajemen dalam perencanaan dan pengawasan dari aktivitas pengadaan, proses distribusi dan penjualan
Budgeting adalah proyeksi keuangan perusahaan untuk masa depan yang bermanfaat untuk menolong manajer dalam perencanaan dan pengawasan
B. Karakteristik Sistem Informasi Akutansi
Karakteristik SIA yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
Berpegang pada prosedur yang relatif standar
Menangani data rinci
Berfokus historis
Menyediakan informasi pemecahan minimal
C. Perbedaan SIA dan SIM
Ø SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan sedang
Ø SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informas
Ada 2 aspek yang berhubungan dengan sistem bisnis modern yaitu :
Pentingnya komunikasi antar departemen/subsystem
yang mengarah untuk tercapainya suatu keputusan.
Peranan SIA dalam menghasilkan informasi yang
dapat membantu departemen lainnya untuk mengambil keputusan.
D. Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Pada Organisasi
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan
E. Informasi yang Dihasilkan Sistem Informasi Akuntansi
a) Aktiva (assets), adalah semua hak yang dapat digunakan dalam operasiperusahaan.
b) Kewajiban/utang (liabilities/pasiva) adalah kewajiban membayar kepada pihaklain yang disebabkan oleh tindakan/transaksi sebelumnya. Berdasarkan jangkawaktu pelunasannya, kewajiban diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok, yaitukewajiban lancar, kewajiban jangka panjang dan kewajiban lain-lain.
c) Ekuitas/modal (equity) adalah hak pemilik atas aktiva perusahaan yangmerupakan kekayaan bersih (jumlah aktiva dikurangi kewajiban). Ekuitas terdiridari setoran pemilik dan sisa laba yang ditahan (retained earnings)
d) Pendapatan adalah penambahan jumlah aktiva sebagai hasil operasi perusahaan secara bruto dalam satu peroide.
e) Beban atau biaya adalah pengorbanan yang terjadi dalam rangka memperolehpendapatan.
Informasi Akuntansi yang dihasilkan oleh SIA dibedakan menjadi 2, yaitu:
· Informasi Akuntansi Keuangan, : informasi berbentuk laporan keuangan yangditujukan kepada pihak extern.
· Informasi Akuntansi Manajemen : informasi yang berguna bagi manajemendalam pengambilan keputusan.
Contoh Sistem pengolahan data / Sistem Informasi Akuntansi pada sistem pemasaran
"Sistem Distribusi"
Sistem Distribusi memiliki 3 SubSistem utama, yaitu:
1. SubSistem pesanan pelanggan: Subsistem yang menangani order dari pelanggan.
-Pemasukan Pesanan
Edit
data pesanan
Menghitung
pemeriksaan kredit
Log
pemesanan
Menandai
pesanan yang telah dipenuhi
-Persediaan
Memeriksa
saldo persediaan
Memeriksa
titik pemesanan kembali
Menambahkan
jenis barang yang diterima
Menyediakan
data buku besar
-Penagihan
Mendapatkan
data pelanggan
Menyipkan
Faktur
-Piutang Dagang
Menambah
piutang baru & menghapus piutang yang telah dibayar
Menyediakan
data buku besar
2. SubSistem pemesanan stok tambahan: Subsistem yang menangani perubahan dalam sediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali.
-Pembelian
Memilih
pemasok
Mendapat
komitmen lisan
Menyiapkan
pesanan pembelian
Menutup
pesanan pembelian
-Penerimaan
Proses
penerimaan
Memberitahukan
system lain
-Hutang dagang
Membuat
cacatan hutang pada pemasok
Membayar
pada pemasok
Meghapus
hutang yang telah dibayar
Menyediakan
data buku besar
3. SubSistem proses buku besar
Subsistem ini mengkonsolidasikan data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan pernyataan-pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik.
DAFTAR PUSTAKA :
http://lyariischa.blogspot.co.id/2015/09/makalah-sistem-informasi-akuntansi-sia.html
http://ibnumubarokululum.blogspot.co.id/2014/11/v-behaviorurldefaultvmlo.html
Komentar
Posting Komentar