Manajeman Umum - Cappucino Cincau




BAB I
PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai macam minuman. Maka kami tergerak membuat usaha.Secara peribadi kami membangun usaha di karenakan kesukaan kami mengkonsumsi kopi,  Banyak aktivitas yang di jalani setiap orang perharinya dengan aktivitas yang semakin padat dan panasnya di Indonesia membuat banyak orang membutuhkan minum.
      Maka dari itu kami membuat “Cappucino Cincau” sebagai minuman dengan rasa yang enak, nikmat, dan segar serta di jual dengan harga yang terjangkau.

BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1   VISI DAN MISI
VISI
            Memberikan kualitas minuman danproduksi yang unggul, terjamin ,dan digemari masyarakat
MISI
1.      Menjamin kesterilan
2.      Memproduksi minuman  denganharga yang terjangkau sesuaidengan  kondisi ekonomi masyarakat di indonesia


2.2   IDENTIFIKASI USAHA
·         Nama Usaha         : Cappucino Cincau
·         Pemilik Usaha       : Fauzi Bahar
·         Alamat Usaha       : Jl.Medan-Padang ,Pasaman
·         Contac Person       : 082310197350

2.3   RUANG LINGKUP USAHA
Usaha yang kami dirikan adalah sebagai pemenuh kebutuhan untuk  
            Tujuan Usaha :
1.      Mendapatkan penghasilan
2.      Memenuhi kebutuhan konsumen
3.      Menggali bakat dalam hal berbisnis
2.4RENCANA ORGANISASI
Manajemen    :           1 Orang
Produksi          :           1 Orang
Pemasaran      :           2 Orang
Keuangan        :           1 Orang
Dan tingkat pendidikan MINIMAL Sekolah Menengah Atas (SMA)

Kompetensi SDM        :
·         CEO
Mengontrol memonitori semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan
·         General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan
·         Financial Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perushaan, dan dapat mengatasi masalah keuangan
·         Productin Manajer
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan produk yang akan diperjual belikan
·         Marketing Manajer
Dapat mempromosika dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media



BAB III
ANALISIS USAHA
3.1ANALISIS USAHA
Usaha kami bergerak dalam bidang minuman. karena kami termasuk orang yang hobi dalam berkuliner apa lagi yang bernutrisi yang tinggi, karena di Indonesia kopi adalah minuman khas mudah dan banyak orang yang menyukai kopi karena Indonesia yang suka berkumpul membuat fresh.  Jadi kami sepakat untuk membuat cappucino cincau
Awal di bentuknya perusahaan kami karena kami dapat melihat minat
masyarakat akan minuman yang membuat fresh dan dengan harga terjangkau

3.2MODAL USAHA
Modal Usaha kami berjumlah Rp.10.000.000yang berasal dari modal sendiri

3.3KEISTIMEWAAN PRODUK
·         Kemasan yang mudah dibawa dan di daur ulang
·         Kopi khusus yang bagus
·         Cappucino cincau murah meriah danenak serta juga membuat fresh
·         Tidak menggunakan bahan pengawet yang dapat membahayakan bagi kesehatan
·         kandungan Kopi mengandung kafein antara 1-1,5%. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Selain kafein, juga mengandung antioksidan kuat.
·          minum kopi bermanfaat untuk memacu otak berpikir ini merupakan hasil dari beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi mampu membantu orang yang mengkonsumsinya mengenali kata-kata positifi




BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA

4.1JENIS USAHA
Kami menjual cappucino cincau yang telah diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dari cappuccino cinca  yang kebanyakandijualdipasaran.Kami memulai usaha ini darisebuah ide dan gagasan yang sesuaidengan kebiasaan masyarakt yang menyukai kopi . Minuman  yang kami produksi terbuat dari bahan yang berkualitas dan tidak menggunakan bahan pengawet dalam setiap produksi minuman kami .kami menjamin kesterilan minuman dan kandungan yang terdapat dalam kopi.


4.2PROSPEK USAHA
                               Prospek kedepannya adalah membuat cabang baru dan mengembangkan                                                   
                       usaha kami serta membuat variasi baru dari minuman yang dijualkan.



BAB V
RENCANA PRODUKSI
Target produksi pembuatan cappucino cincau 100 Pcs Sehari.
4.3BAHAN BAKU DAN PENGUNAANNYA


BAB VI
RENCANA PERMODALAN
InvestasiAwal
Rp. 10.000.000


EstimasiPendapatan

Omzet Per hari ( 100 pcs x Rp 5000 )
Rp.      500.000
Omzet Per bulan ( 30 hari )
Rp. 15.000.000

Paket booth Tahu
Bonyok 10 Juta

ITEM
JUMLAH
HARGA
Ruko
1 ruko
3.500.000,-
kulkas
1 buah
Rp.1.000.000,-
Galon Air Minum
1 buah
Rp.25.000,-
Kopi 
100 Kg
Rp.2.000
cincau
50 kg
Rp.500.000,-
susu
7000x5 buah
Rp.35.000,-
Gelas plastik
500 buah
Rp.250.000,-
Gelas
25 buah
Rp.300.000,-
Kantong kertas kecil
500x50 lembar
Rp.25.000,-
Mesin Pembuat Kopi
1 buah
Rp.1.000.000,-
Mesin penghancur es
1 buah
Rp.500.000,-
Tempat sampah
1 buah
Rp.10.000,- 
Total
-
Rp.9.145.000,-








Detail Kemitraan
Yang perludimilik imitra
Kewajiban Mitra
1.
Kesungguhan hatiuntuk focus padausaha ini,
bukan
sekedar iseng - iseng
1.
Mengawasi penampilan dan kinerja karyawan
setiaphari




2.
Mempunyai lokasi yang menjanjikan
2.
Memperhatikan kondisi setiap alat yang
digunakan




3.
Menyiapkan motor untukmengambil
bahanbaku di Pusat
3.
Memperhatikan kebersihan gerobak dan juga peralatan









BAB VII
RENCANA PEMASARAN

7.1ANALISIS PERSAINGAN USAHA
SWOT




A.     STRENGTH
·         Bahan bakunya mudah di temukan
·         Cita rasa yang mudah di terima
·         Menggunakan bahan dan proses yang berkualitas
B.      WEAKNESS
·         Tidak tahan lama dan mudah basi
C.      OPPORTUNITIES
·         Banyak di sukai banyak kalangan
D.     THREATS
·         Selera Konsumen Variatif
·         Munculnya Pesaing baru
·         Adanya Jenis Minuman yang sama



7.2ANALISIS 4P
1.     PRODUCT
·         Type                      : Minuman
·         Brand                    : Cappucino cincau
·         Quality                  : Bahan baku bagus
·         Packing                  :  mini box / duskecil
2.     PRICE
·         Price List               :           Rp.5.000,-/kemasan
3.     PROMOTION
·         Advertising                        :Teman - teman
·         Sales Promotion    :           mempromosikan produk kepada
Teman-teman
·         Personal Selling    :           menjual produk ke pembeli/
Konsumen secaralangsung


4.     PLACE
·         Berlokasi di wilayah sekolah, kampus, kompleksperumahan serta dipinggir jalan

BAB VIII
RESIKO DAN ANTISIPASI



1.1    RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA
1.      Tidak bisa bertahan terlalu lama
2.      Terjadi persaingan diantara pedagang





9.2 ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA
1.  Memiliki tempat langganan untuk membeli barang pokok
2.  Selalu memberi Citarasa terbaik
3.  Selalu siap melayani pesan antar

     
BAB IX
KESIMPULAN

usaha cappucino cincau sudah sangat banyak di temui diberbagai tempat jadi kita harus mempunyai sesuatu yang beda dari penjual yang lain.

Daftar pustaka :
http://sandyrado.blogspot.com/2014/03/contoh-proposal-usaha-minuman-dingin.html

http://peluangusahadidesaalfi.blogspot.com/2013/04/usaha-es-cappucino-cincau-cukup.html

http://esterjulyana.blogspot.com/2014_01_01_archive.html

Komentar

  1. Kalau ini dibuat makalah gimana..?
    Apakah tetap sama,
    dengan pengertian yg
    ada diatas..?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer